Oleh: akbarmangindara | 25 Oktober 2016

TIPS Lulus Program Pasca Sarjana FIK Universitas Indonesia

Universitas Indonesia

Ini pengalaman saya lulus di pasca sarjana fakultas ilmu keperawatan Universitas Indonesia mengambil konsentrasi spesialis keperawatan komunitas. Berasal dari kampung jauh tertinggal di kaki Sulawesi, kuliah di Universitas Indonesia itu kayak ibarat mimpi. Sampai teman bapak nanyain, kenapa bisa lulus UI? Kok bisa lulus, bayar berapa untuk lulus UI? Yah pokoknya bagi orang di kampung, lulus UI tuh seperti hal yang mustahil banget gitu. Jika dihitung-hitung alumni UI yang terdeteksi di kampung, hanya ada 1 orang dan dia sekarang bekerja di Puskesmas sebagai dokter umum.

Syukurnya adalah teman-teman tidak perlu cantik atau ganteng untuk lulus di UI. Bagi teman-teman yang ingin melanjutkan pasca sarjana di Universitas Indonesia, UI membuka 3 kali kesempatan setiap tahun (periode April, Juni, Oktober). Tes masuknya itu dinamakan SIMAK UI, teman-teman bisa lihat di sini. Terkhusus untuk Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Keperawatan, UI biasanya cuma membuka 2 kali pendaftaran dalam setahun yakni periode april dan juni.

Untuk lulus di UI gampang-gampang susah. Ikuti saja segala proses yang ada. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk lulus SIMAK UI?

1. Keyakinan

Teman-teman harus yakin dengan diri sendiri dan kemantapan dari hati untuk melanjutkan pendidikan, khususnya bagi teman-teman perawat yang ingin melanjutkan ke jenjang spesialis yang saat ini cuma ada di Universitas Indonesia. Keyakinan disini juga meliputi kesanggupan keuangan juga jika Insha Allah teman-teman lulus UI. Lebih bagus lagi jika teman-teman sudah mendapatkan beasiswa. Keyakinan menjadi berlipat ganda.

2. Belajar

Kalau teman-teman sudah yakin, sekarang waktunya belajar. Berusahalah untuk mempelajari soal-soal UI. Jangan mengandalkan “untung-untungan” untuk lulus. Pengalaman menghadapi SIMAK UI, soal-soal ujiannya sedikit berbeda jika menilik ke belakang menghadapi soal-soal ujian SNMPTN sewaktu akan masuk S1 dulu. Tes SIMAK UI menggunakan sistem minus 1 untuk satu jawaban yang salah. Makanya kata untung-untungan di sini tidak berlaku. Belajar dan jawab soal yang bisa dijawab saja. Saran aja, Lebih baik teman-teman mempelajari buku Lulus SIMAK UI untuk Pascasarjana. Selain itu di UI sendiri, satu bulan sebelum tes SIMAK UI, biasanya ada kelas persiapan menghadapi tes SIMAK UI. Saya sendiri beberapa kali mengikuti kelas persiapan tes SIMAK UI di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI dan itu Free. Disitu akan dibahas semua contoh soal-soal SIMAK UI dan cara menjawabnya oleh profesornya langsung. Untuk jadwal biasanya diadain setiap 2-3 kali seminggu selepas sholat Ashar.

3. Mendaftar

Nah kalau sudah yakin dan belajar jangan lupa untuk mendaftar SIMAK UI. Jangan sampai karena terlalu yakin, bersemangat belajar, eh lupa mendaftar SIMAK UI nya. Terkhusus buat yang ingin masuk di pasca sarjana FIK UI, sebaiknya dibaca dulu syarat-syarat mendaftar di pasca sarjana FIK UI. Beberapa syarat yang wajib itu bagi teman-teman yang mendaftar yaitu harus lulusan IPA sewaktu SMA dan bukan IPS atau lulusan SMK, memiliki pengalaman kerja minimal setahun (Pokoknya tidak jauh-jauh dari keperawatan, apakah bekerja di pelayanan atau di pendidikan, ssal jangan pengalaman kerja di BANK aja yang dimasukkan), membayar biaya pendaftaran sebesar satu juta rupiah.

4. Berdoa

Sudah yakin, sudah belajar dan sudah mendaftar jangan lupa berdoa kepada Allah serta jangan lupa juga minta doa dari orang tua sebelum ujian. Jika Segala upaya, daya telah dikerahkan, sisanya Serahkan kepada Allah.

Itu saja sedikit TIPS dari saya, semoga membantu dan saya tunggu teman-teman sejawat untuk bergabung di keluarga besar Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.


img20160410105025img20160604122235 img20160605130620 img20161024100757img20160909111306

img20161023154125img20160825160602 img20161023154249 img20161024091956

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: