Oleh: akbarmangindara | 28 Desember 2014

Selamat Tinggal 2014

Tersisa 3 hari lagi dan kita sudah berada di penghujung tahun 2014 dan berganti menjadi tahun 2015. Tahun 2014 ini penuh dengan perjuangan, terutama berjuang dalam menjalani profesi ners yang sementara ini saya masih berkutat di dalamnya.

Tahun ini saya melanjutkan profesi ners dan itu berarti hampir setahun pula saya menjalaninya. Sangat tidak menyangka akhirnya berada di titik ini. Tahun ini hampir semua hal fokus menjalani profesi ners. Hari-hari saya disibukkan dengan aktivitas di rumah sakit bersama pasien, laporan askep, analisis jurnal, responsi, diskusi dan seminar.

Di profesi Ners saya mendapat beberapa teman baru. Satu Teman yang cukup berkesan adalah K Ari, dia sekelompok dengan saya di profesi ners ini. Satu tahun profesi ners ini kita berdua hampir selalu bersama-sama terutama dalam hal dinas di rumah sakit. Sampai-sampai kami dijuluki duet maut. K Ari adalah rekan, partner kerja yang baik selama profesi ners ini.

Tahun ini saya belajar banyak hal terutama dalam hal kepemimpinan. Kebetulan saya dipercaya oleh teman-teman kelompok untuk menjadi ketua tim di kelompok VIII. Ya, kami adalah pejuang-pejuang kelompok VIII profesi Ners UIN Alauddin Angkatan 7. Karakter saya sebagai pemimpin betul-betul teruji di sini. Banyak suka duka selama memimpin tim ini.

Selama memimpin tim ini, saya menilai pribadi saya sendiri sebagai orang yang memiliki sikap arogansi yang cukup tinggi. Pokoknya pendapat saya yang harus diterima, kalau bilang A maka harus A tanpa mempedulikan pendapat dari teman yang lain. Pun saya juga adalah orang yang selalu tidak puas dengan hasil kerja teman-teman yang lain semisal ada tugas kelompok dan sudah diberikan masing-masing job, tapi selalu saja tidak sesuai dengan keinginan saya. Tapi gobloknya saya adalah saya tidak memberitahukan kekurangan mereka letaknya dimana dan saya ngambek sendiri tidak karuan. Hingga akhirnya salah seorang teman dengan tegas menegur sikap saya yang demikian.

Di awal-awal Ners saya sudah salah, saya terlalu berekspektasi tinggi dengan kemampuan yang teman-teman miliki. Di sini saya belajar bahwa apa yang kita harapkan tidak selalu sesuai dengan kenyataan. Bahwa kita berada di dalam tim dengan berbagai problematika dan dinamika. Kata dosen saya manusia itu unik, setiap orang memiliki isi kepala yang berbeda-beda dan itu sangat manusiawi. Sepatutnya kita menghargai usaha orang lain, kalaupun ada sesuatu yang kurang kita ajari hingga di lain kesempatan bisa lebih baik lagi. Selama ini saya juga lebih banyak berorientasi dengan hasil teman-teman tanpa melihat prosesnya. Dari sini kemudian saya mulai sedikit demi sedikit merubah perilaku dan sikap saya. Intinya saya masih perlu banyak belajar tentang menjadi pemimpin dan menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Tahun ini cukup spesial bagi keluarga. Kakak kedua saya akhirnya melepas masa bujangnya dan menikah di Juni 2014 kemarin. Ini hajatan pernikahan pertama di keluarga kami. Semuanya berbahagia dengan pernikahan ini. Semua keluarga dekat maupun jauh pada datang semua untuk memberikan ucapan selamat dan amplop. hehehe. Saya sendiri lelah menanggapi pertanyaan “Akbar kapan nikah?”. Yahh, kalau buat saya pribadi, saya masih berjuang. Pokoknya target menikah itu sebelum memasuki gerbang 30 tahun.

Tahun ini juga saya melakukan perjalanan keliling Jawa Bali. Walaupun masih berkaitan dengan profesi ners dimana ada programnya melakukan “Hospital Tour” buat saya ini hal yang sangat menyenangkan. Bisa dikata sambil menyelam minum air. Sambil belajar di beberapa rumah sakit sekalian juga jalan-jalan dan melihat-lihat daerah lain di luar Sul-Sel.

Itu mungkin sekelumit cerita saya di tahun 2014 ini. Sebenarnya masih banyak, teman-teman bisa baca di tulisan dalam blog ini yang sempat saya posting. Semoga kalian sukses dan sehat selalu. Sampai jumpa di 2015.

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: