Oleh: akbarmangindara | 29 April 2014

Catatan di Minggu Pertama Profesi Ners

ners

Hari ini tepat sebulan saya menjalani pendidikan profesi di rumah sakit. Banyak pengalaman yang cukup berharga yang saya dapatkan selama menjalani pendidikan profesi ners ini. Banyak sukanya tapi dukanya juga banyak. 

Tiga bulan pertama ini saya berada di gerbong Keperawatan medikal bedah. Ada 12 sistem yang harus dituntaskan selama perjalanan 3 bulan itu. Setiap minggunya harus melakukan rotasi dari rumah sakit ke rumah sakit. Dan Setiap minggunya juga kami harus menyelesaikan 1 laporan pendahuluan, 1 asuhan keperawatan, Jurnal reading, sharing knowledge dan respon ujian di pembimbing klinik dan pembimbing dari kampus. Di akhir gerbong departemen, seminar kasus dan ujian supervisi sudah menunggu.

Di minggu pertama saya ditempatkan di RS Haji Makassar di ruang Sayang Duafa. Ini adalah minggu dimana saya harus menuntaskan sistem pencernaan bersama teman2 kelompok. Di sini saya mendapatkan kasus dispepsia+Thipoid. Pasien saya adalah seorang siswi kelas 3 yang dalam waktu 2 minggu ke depannya akan melaksanakan ujian nasional di sekolahnya. Saya langsung kebayang bagaimana cemasnya nih siswi. Sudah sebulan lamanya dia menderita demam pada saat menjelang sore hingga malam hari dan pada malam harinya pasti muntah. Masuk ke rumah sakit setelah pingsan akibat nyeri hebat di perutnya.

Fokus asuhan keperawatan yang saya berikan adalah penatalaksanaan nyeri, mual muntah, hipertermi, kekurangan cairan, nutrisi dan kecemasannya. Syukur Alhamdulilah pasien dan keluarga cukup kooperatif dengan penatalaksanaan dan beberapa anjuran yang diberikan sehingga asuhan keperawatan yang diberikan berjalan dengan baik.
***

Untuk Jurnal Reading, kami mengangkat “Pijat Abdomen Untuk Mengurangi Konstipasi” yang telah di ACC oleh pembimbing institusi sebelumnya. 20 jurnal yang dikonsulkan sebelumnya berakhir tragis di tempat sampah. Seminar Jurnal Readingnya berjalan cukup lancar meskipun masih banyak kekurangan di dalamnya.

Diskusi berlangsung satu arah yakni antara saya dan penanya. Hampir semua pertanyaan saya yang jawab karena teman yang lain belum menguasai jurnal yang didiskusikan. Banyak pertanyaan yang muncul dan sangat kritis terutama dari orang2 rumah sakit. Rasanya seperti saya berada di ujian meja, keringat banyak mengucur menghadapi pertanyaan2 yang muncul.

Di hari minggu yang seharusnya saya meluangkan waktu untuk libur digantikan dengan ujian selama 5 jam bersama pembimbing dari kampus. Melelahkan iya, capek iya tapi menyenangkan sih!!!
***

Responses

  1. Insya allah pengalaman yang sudah kk lewati kami pun akan merasakannya juga. Hari ini tepatnya Tgl 01 Des 2014 kami mulai menginjakkan kaki di gerbong pertama yaitu KMB.. 🙂
    smoga di lancarkan semuanya..

    Suka

    • selamat berproses di profesi ners dinda..

      Suka

  2. nice post 🙂 makin sukses nih pak ners, ganbatte!

    Suka

    • Thanks chan..

      Suka


Komentar

Kategori

