Oleh: akbarmangindara | 7 Maret 2014

Jangan Bernapas sambil Minum

minum air

Ketika kita minum air sebaiknya tidak bernapas. hal ini disebabkan air yang kita minum dikhawatirkan terkontaminasi oleh bakteri yang ada di dalam mulut kita. jika air yang kita minum terkontaminasi bakteri maka akan menyebabkan air tersebut menjadi tidak sehat. 

Selain menyebabkan tercemarnya air, apabila kita minum dengan kondisi seperti itu, sangat tidak sopan dilihat orang. Apalagi dalam acara jamuan makan di meja di mana kita berada pada kerumunan orang dan kebetulan orang melihat kita melakukan hal tersebut maka akan mengakibatkan penilaian kepada kita bisa saja menjadi negatif. Mungkin akan timbul kesan kita tidak tahu tatakrama dan norma ketika makan di tempat banyak orang atau membuat orang lain tidak nyaman dibuatnya.

Rasulullah SAW menganjurkan agar meminum air sedikit demi sedikit. Apabila kita minum air sekali teguk dapat membuat kita bernafas dalam gelas. Ketika nafas dihembuskan, persentase udara pernafasan yang keluar lebih banyak didominasi oleh karbondioksida yang merupakan sisa hasil metabolisme tubuh yang harusnya dibuang. Oleh karena itu, ketika udara dihembuskan ke dalam air minum, kita seperti meracuni air minum dengan sisa metabolisme dari tubuh kita sendiri. Selain itu, jika kita bernafas sambil meminum air, saluran nafas dan saluran pencernaan makanan tidak terkoordinasi dengan baik.

Ketika minum air sambil bernafas, paru-paru kita akan terbuka. Hal ini akan menyebabkan kita minum air dengan jumlah yang sangat banyak. Tidak hanya itu saja, kondisi ini dapat menyebakan jantung tertekan, hati menjadi membesar dan seluruh tubuh seperti menggembur. Hal ini dapat membahayakan kesehatan manusia. Oleh karena itulah Rasulullah SAW menyarankan kepada kita umatnya untuk meminum air setahap demi setahap. rasulullah SAW mencontohkan jika beliau meminum satu gelas air maka air tersebut dihabiskan dalam tiga kali tegukan.

Jangan Meniup Air

Larangan berikutnya yang berhubungan dengan meminum air adalah tidak meniup air sebelum diminum. Sekalipun air itu panas dan kita ingin sekali meminumnya. jangan dibiasakan meniup air supaya menjadi dingin. Hal ini disebakan hemb usan nafas yang kita berikan kepada air yang kebanyakan mengandung CO2 dapat terikat oleh air, apalagi air dalam kondisi yang panas dapat mengakibatkan kelarutannya sangat tinggi. Barangkali akumulasi bakteri dari meniup air yang panas jauh lebih banyak dibandingkan dengan meminum air sambil bernafas. Wallahu a’lam..

***

Sumber: Ridwan. 2002. keajaiban Nafas. Hal: 96-98. Semarang: Pustaka Widyamara

Iklan

Responses

  1. minum sambil bernapas itu gimana ya, gak bisa bayangin. Kalau niup, aku setuju apalagi kalau yang niupin orang lain.

    Suka

    • Ada lho org yg bernafas sambil minum, apalagi klo gelasnya kelewat gede yg sampe hidungnya jg masuk.. Minum sambil bernafas ini sering terjadi pada anak-anak..

      Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: