Oleh: akbarmangindara | 17 Februari 2014

Apa Yang Dilakukan Saat Keracunan???

Saya pernah mendapatkan kasus orang dengan keracunan. kebetulan itu adalah adik saya sendiri yang memakan obat-obatan penambah darah yang sudah kadulwarsa yang dikiranya adalah permen. Sontak saya panik karena waktu itu saya juga masih anak-anak, muka adik saya tiba-tiba berubah pucat kebiruan dan muntah. Seketika waktu itu saya langsung meminta tolong dan alhamdulilah tetangga rumah langsung memberikan pertolongan dengan memberikan air kelapa waktu itu. Seketika kondisi adik saya mulai membaik setelah diberikan minum air kelapa.

Keracunan sendiri adalah suatu kondisi dimana suatu zat tertentu masuk ke dalam tubuh dan mengakibatkan reaksi tubuh yang berlebihan. Ada 3 jalur yang bisa dilewati oleh racun untuk masuk ke dalam tubuh dan itu memerlukan tindakan pertolongan pertama yang berbeda pula.

1. Racun yang terhisap oleh pernafasan

Tindakan yang dilakukan jika keracunan gas adalah dengan menjauhi sumber gas beracunnya. Gas seperti karbon monoksida sangat mudah untuk berikatan dengan darah ketika terhisap, untuk itu orang yang mengalami keracunan gas segera dibawa ke tempat yang nyaman dan sejuk dan jika memungkinkan berikan oksigen. Segera bawa ke fasilitas kesehatan jika keracunannya sudah mengakibatkan hilangnya kesadaran.

2. Racun yang ditelan

Untuk mengatasi keracunan yang ditelan maka tindakan yang dilakukan adalah dengan memuntahkannya. Caranya adalah dengan menekan tenggorakan melalui mulut. Jangan memuntahkan jika racun yang ditelan itu minyak tanah, bensin, basa/asam keras dan dalam keadaan tidak sadar. Bisa juga memberikan air minum sebanyak-banyaknya, susu atau diberi air kelapa seperti yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Jika tidak sadar segera bawa ke failitas kesehatan untuk diberi penanganan secara medis.

3. Racun akibat gigitan dan sengatan

Beberapa racun dari serangga maupun gigitan seperti sengatan ular kobra mungkin langsung mengakibatkan kematian. Jika kondisi korban masih sadar, tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci area gigitan dengan air yang mengalir kemudian lakukan pijatan untuk mengeluarkan darah disekitarnya. Usahakan si penderita tidak melakukan banyak kegiatan yang berlebihan atau segera fiksasi atau diamkan area yang di gigit dan di sengat agar racunnya tidak cepat menyebar. Jika itu sengatan lebah kemungkinan sengatan lebah masih ada yang tertancap, untuk itu segera dicabut secara perlahan-lahan.

Ini yang bisa saya share, kalau punya pengalaman lain dalam menangani orang keracunan mungkin bisa di share juga..

Iklan

Responses

  1. kalau kena racun kobra itu biasanya lewat taringnya, racunnya langsung menyebar ke seluruh tubuh dan merusak berbagai organ. klo cuma kesembur dan belum masuk ke dalam tubuh ya cukup dicuci..

    bensin tidak boleh dimuntahkan karena sifatnya korosif, gampang mngiritasi. bensin ketika masuk ke tubuh itu sdh mngiritasi area mulut hingga saluran kerongkongan. klo dimuntahkan kembali rentang terjadi perdarahan. Makanya segera bawa ke rumah sakit, nanti di rumah sakit baru diberikan penanganan yg tepat..

    Suka

  2. Kobra ngegigit ya, ga menyembur? Ada kasus dulu orang matanya kesembur Kobra. Disiram air terus bawa ke rumah sakit.

    Btw, kenapa bensin tak boleh dimuntahkan?

    Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: