Oleh: akbarmangindara | 12 Januari 2014

Pantai Tamarunang Beranjak Terlupakan

Gambar

Pantai Tamarunang terletak di kabupaten Jeneponto tepatnya di kelurahan pabiringa kecamatan Binamu. Jaraknya sekitar 5 KM meter dari pusat kota Bontosunggu. Tahun 80-an pantai Tamarunang merupakan pasar ikan (menurut cerita nenek2 sekitar rumah). Pada tahun 90-an di masa jaya-jayanya, pantai ini ramai dikunjungi, setiap akhir pekan kawasan ini digunakan sebagai area pacuan kuda yang cukup banyak menarik wisatawan. Pada tahun 2000-an pacuan kuda sudah tidak ada lagi dan kemudian pantai ini beralih fungsi menjadi rezort kawasan hotel Bintang Karaeng. Sebagiannya lagi masih digunakan oleh nelayan dan petani rumput laut agar-agar.

Saat ini pantai Tamarunang sudah sangat sepi pengunjung, meskipun itu di hari libur. Kondisinya terlihat memprihatinkan. Tanggul yang dibangun oleh pemerintah yang terletak dekat bibir pantai, sebagian besar sudah hancur oleh ombak (atau bisa jadi karena tanggulnya yang memang kurang bagus). Hanya beberapa anak-anak nelayan yang terlihat bermain di pantai ini. Tapi ada 1 waktu dimana kawasan pantai ini cukup ramai pengunjung, yakni minggu terakhir sebelum memasuki bulan ramadhan.

Saya memiliki banyak kenangan di tempat ini. Dulu jika bosan atau merasa stress, saya biasanya ke pantai ini untuk menyendiri dan lalu memandang luas ke lautan. Rasanya tenang, hanya ada suara ombak dan hembusan angin pantai. Waktu masih kecil, kakak sering melarangku untuk ke pantai ini (khawatir jika saya tenggelam). Tapi yang namanya bocah ingusan, semakin dilarang semakin penasaran, jadinya kalau ke pantai ini sering tidak pamit sama orang rumah.

Berharap suatu saat nanti, pantai ini kembali menemui kejayaannya. Semoga!!!


Gambar

Gambar

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: