Oleh: akbarmangindara | 12 Januari 2014

Pantai Tamarunang Beranjak Terlupakan

Gambar

Pantai Tamarunang terletak di kabupaten Jeneponto tepatnya di kelurahan pabiringa kecamatan Binamu. Jaraknya hanya sekitar 100 meter dari kantor kelurahan dan 200 meter dari rumah saya. Pada tahun 90-an pantai ini digunakan sebagai area pacuan kuda sebagai hiburan rakyat yang banyak menarik wisatawan datang ke tempat ini. Pada tahun 2000-an sebagian pantai ini diubah menjadi rezort kawasan hotel Bintang Karaeng dan sebagian lagi menjadi kawasan petani rumput laut agar-agar.

Di sebagian waktu, jika terjadi pasang pantai ini cukup ganas untuk merusak beberapa empang yang ada di sekitarnya. Tanggul pantai ini hancur porak-poranda akibat keganasan ombak. Pantai ini sudah sangat sepi pengunjung meskipun hari minggu. hanya anak-anak nelayan yang biasanya terlihat bermain di pantai ini. Tapi ada 1 waktu dimana kawasan pantai ini ramai di kunjungi yakni minggu terakhir sebelum bulan ramadhan biasanya lumayan banyak pengunjung yang datang untuk mandi di pantai ini.

Saya memiliki banyak kenangan di tempat ini. Terkadang jika bosan atau merasa sedih biasanya ke pantai ini untuk menyendiri dan berjalan-jalan di bibir pantai. Waktu kecil dulu, kakak sering melarang saya untuk ke pantai ini meskipun itu saya bersama dengan teman-teman kecilku dan itu cukup membuat hati dan pikiran saya berkecamuk. Mungkin khawatir jika saya bermain dan mandi di pantai saya akan tenggelam karena saya tidak tahu berenang.

Sekarang pantai ini hanya menjadi pantai untuk bernostalgia bagi saya pribadi. Sekedar mengenang masa-masa kecil dulu yang terkadang sangat kurindukan kembali.

Gambar

Gambar

Komentar

Kategori

