Oleh: akbarmangindara | 22 Desember 2013

Jangan Abaikan Rambu-Rambu Tubuh

tidur

Tugas-Tugas Kuliah Memang Penting Tapi Kesehatan jauh Lebih Penting

Heboh kasus Mita Diran yang meninggal akibat terlalu lelah setelah lembur bekerja selama 30 Jam membuatku flashback mengingat masa-masa kuliah S1 kemarin dimana yang namanya begadang selama berhari-hari untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah, membuat laporan sudah hampir jadi makanan empuk bagi saya sebagai mahasiswa keperawatan dulu.

Untungnya saya termasuk orang yang cuek bebek, di saat teman-teman memaksakan diri untuk tetap mengikuti kuliah dimana pada saat malamnya harus begadang dan belum tidur saya memilih untuk tidur di kelas ketika sementara dosen menerangkan #hehehe. Biasanya cuma berlangsung 5-10 menit habis itu mata kembali on untuk menerima materi kuliah. Makanya teman-teman kampus terutama teman-teman sekelas menggelariku sebagai tukang tidur dan tak jarang saya di foto ketika tidur  di kelas dan jadi bahan tertawaan mereka.

Selama kuliah S1 kemarin, saya sering mengalami kelelahan makanya sering tidur di kelas terutama kalau kelasnya siang hari. Apalagi bukan hanya tugas kuliah yang mesti saya selesaikan, kegiatan di beberapa organisasi juga menuntut aktivitas berfikir dan kerja keras dalam menyelesaikan tugas-tugas organisasi. Tak jarang saya tidak pulang ke rumah dan ketiduran di sekretariat organisasi. Kelelahan dan mudah tertidur mulai saya dapatkan pasca operasi paru kiri yang meradang akibat penumpukan cairan.

Untungnya ketika terjadi kelelahan hampir selalu saya menuruti badan saya. Ketika mata sudah setengah watt ditambah menguap berulang kali biasanya saya cari sandaran lalu tertidur #hehehe. Saya bukanlah tipe orang yang suka mencari kopi untuk menahan kantuk.

Tubuh itu cerdas dan dia tahu kapan kita harus berhenti memaksanya. Makanya ketika sudah ada rambu-rambu dari tubuh kita sendiri, usahakan dituruti. Segala sesuatu yang dipaksakan itu memang selalu tidak baik. Jadi sepenting-pentingnya tugas, kerjaan, tapi selalu jauh lebih penting yang namanya menjaga kesehatan.

Iklan

Responses

  1. yah, tubuh emang selalu memperingatkan kita. kita aja yang kadang cuek. kalau udah nguap, mending aku ke wc untuk cuci muka. atau sekedar nyegarin mata. gak berani tdr pas dosen ngajar. haha

    kalau ada waktu, main ke blogku juga ya

    Suka

    • hahaha.. klo dosen sy baik, dosennya malah yg ngijinin tidur beberapa menit selama tdk ribut dan mengganggu kelas..

      Suka

  2. Beberapa hari terakhir pulang malam, lembur yang tak pernah dibayar karena kerja kemanusiaan. Tapi begitu ada kasus mita, langsung teng go. Jam lima teng pulang, ngapain ngoyo.

    Sama, aku juga Nggak doyan kopi, efektif bikin deg2an berat.

    Suka

    • Apalagi klo sudah terlalu keasyikan biasanya sering lupa waktu, lupa diri..

      Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: