Oleh: akbarmangindara | 31 Oktober 2013

Pesona Air Terjun Bisappu, Bantaeng

SAMSUNG CAMERA PICTURES
Trip saya kali ini adalah mengunjungi salah satu tempat wisata yang ada di kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan yakni air terjun Bisappu. Ini adalah kunjungan pertama saya akan mengunjungi air terjun ini. Sebelumnya informasi keberadaan air terjun ini cuma saya dengar dari teman-teman yang pernah berkunjung ke tempat ini sebelumnya.
Ini adalah trip solo, hari itu minggu pagi saya berangkat dari rumah menuju ke lokasi air terjun ini dengan menaiki si meti (motor matic). Cuaca pada hari itu sangat cerah dan sangat bersahabat. Dari kota Makassar perjalanan menempuh waktu kurang lebih 3 jam.
Bagi anda yang dari luar Sulawesi Selatan, teman-teman bisa naik mobil sewa angkutan di Terminal mallengkeri Makassar. Sewa mobil untuk ke bantaeng Rp 30.000 rupiah untuk sekali jalan.
Lokasi air terjun ini berada di kecamatan Bisappu Kabupaten Bantaeng. Dari kota Makassar, di jalan poros Jeneponto Bantaeng di sebelah kiri terdapat gerbang yang mengarahkan lokasi air terjun ini. Jaraknya sekitar 5 KM dari jalan poros. Anda kemudian naik ojek masuk ke lokasi dengan harga sewa sekitar 10-15 ribu. Jangan lupa, tukang ojeknya di suruh menunggu jangan di suruh pulang karena tidak ada angkutan jika anda ingin pulang nantinya.
Sesampai di sana kita langsung disuguhi dengan rindang dan hijaunya pepohonan. Untuk memasuki lokasi ini hanya membayar 3000 rupiah. Kita kemudian melewati jalan setapak sekitar 100 meter untuk menuju lokasi air terjun ini. Bagi yang punya kendaraan ada parkir yang disediakan, cukup membayar 2000 rupiah.
Dari jalan setapak ini kita sudah melihat keindahan air terjun Bisappu. Di bagian bawah air terjun terdapat batuan-batuan gunung yang sangat besar dengan dinding batu yang mengelilinginya. Dari informasi pengelola, air terjun Bissappu ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan kedalaman air dibawahnya sekitar 7 meter. Air yang terpancar ke bawah berwarna hijau tosca sehingga menambah pesona dari air terjun ini.
Jalan setapak menuju air terjun Bisappu
Jalan setapak menuju air terjun Bisappu
SAMSUNG CAMERA PICTURES
Lokasinya cukup bersih. Bagi anda yang ingin mendekati air terjun harap berhati-hati karena batu-batu besar dan cukup licin menanti di depan anda. Mesti punya keahlian tersendiri untuk bisa menyelip di sela batuan-batuan besar ini dan ini menjadi tantangan tersendiri. Satu hal yang saya pelajari kembali, “yang indah itu memang selalu punya tantangan tersendiri untuk mendekatinya”.
Suasana di lokasi masih sepi ketika saya datang. Hanya beberapa pengunjung dan lebih banyak didominasi oleh anak-anak yang tinggal tak jauh dari lokasi ini. Ketika tiba di lokasi air terjun ini, beberapa anak-anak melempar batu ke arah tebing. Ternyata mereka lagi berburu sejenis burung yang sering bersarang di sekitar tebing yang penulis dan anak-anak sekitar belum tahu namanya.
SAMSUNG CAMERA PICTURES
Di hari libur lokasi air terjun ini baru ramai menjelang siang hari. Sebagai kawasan wisata, air terjun Bisappu ini masih sangat alami. Belum banyak pembangunan di sekitarnya. Fasilitas ruang ganti pakaian dan Toilet belum ada di tempat ini. Inilah Kawasan air terjun Bisappu, semoga bisa menjadi salah tujuan wisata anda ketika berlibur nanti.
Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: