Oleh: akbarmangindara | 17 Agustus 2013

Seandainya Saya Presiden Indonesia

bendera berkibarSumber Foto dipinjam dari history.blogspot.com

Negeri ini begitu indah Tuhan, bantu kami menjaganya. “5CM”

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, begitupun juga yang namanya presiden. 68 tahun Indonesia merdeka dan telah dipimpin oleh 6 orang pemimpin (Soekarno, Soeharto, Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati dan yang saat ini memimpin Susilo Bambang Yudhoyono). Saya menyebut presiden Indonesia sebagai penjaga-penjaga terbaik Indonesia. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Jika saya jadi presiden Indonesia, saya ingin menjadi presiden Indonesia seperti mereka, mempelajari kelebihannya masing-masing dalam memimpin negeri ini. Tentu dari kacamata penulis sendiri.

Saya ingin seperti presiden Soekarno

soekarnoDari keenam presiden yang pernah memimpin Indonesia, Presiden Soekarno adalah presiden favorit saya. Kekaguman saya bukan hanya karena beliau adalah seorang proklamator namun karena kepemimpinan beliau.  Seandainya saya jadi presiden saya ingin seperti beliau, pemimpin yang kharismatik yang dengan kepemimpinannya telah mengangkat harkat dan martabat Indonesia dan disegani di mata International. Saya cukup rindu dengan Indonesia yang disegani meskipun saya hanya tahu dari sejarah. Indonesia sekarang di mata dunia tidak bagus-bagus amat.

Saya ingin seperti presiden Soeharto

soehartoYang saya kagumi dari presiden Soeharto adalah stabilitas dan keamanan di negeri ini yang beliau ciptakan selama beliau memimpin. Saya ingin seperti beliau sebagai presiden yang tetap menjaga stabilitas dan keamanan dalam negeri ini. Di bidang pertanian misalnya, beliau sukses dengan programnya dan terjadi stabilitas pangan  bahkan swasembada beras. Program kependudukan pembatasan kelahiran dengan program keluarga berencana juga berjalan sangat sukses. Kalau persoalan keamanan jangan ditanya lagi, saya tidak pernah dengar istilah teroris selama beliau memimpin seperti yang marak pasca beliau lengser dari tampuk kepemimpinannya.

Saya ingin seperti presiden Habibie

habibieYang saya kagumi dari presiden Habibie adalah kecerdasan dan integritasnya. Jika saya jadi presiden Indonesia, saya ingin memiliki integritas seperti beliau seperti kejujuran yang tinggi dan profesionalisme. Presiden Habibie juga termasuk salah satu presiden favorit orang tua saya. Kata bapak dan ibu saya yang seorang guru, guru diperhatikan dengan adanya kenaikan gaji guru yang sudah lama para guru dambakan. hehehe

Saya ingin seperti presiden Abdurrahman Wahid

gusdurYang saya kagumi dari presiden yang biasa disapa Gusdur adalah sikap keIndonesiaannya. Beliau begitu menghargai keberagaman. Indonesia beragam tapi bukan untuk diseragamkan. Jika saya jadi presiden Indonesia saya ingin seperti beliau ketika menjadi presiden. Saya juga suka dengan humor-humor ringan namun cerdas yang biasa dilontarkannya.

Saya ingin seperti presiden Megawati

Megawati soekarno putriYang saya kagumi dari presiden wanita pertama Indonesia sekaligus putri sang proklamator ini adalah sikapnya yang tenang dalam menghadapi persoalan. Saya ingin seperti beliau yang memiliki sikap tenang dalam menghadapi persoalan negeri ini yang sudah seabrek banyaknya. Menurut saya beliau adalah presiden yang memiliki intuisi yang tajam dalam memecahkan persoalan. Mungkin karena beliau seorang wanita yang mengedapankan rasa ketimbang logika. Beliau juga tegas dalam mengambil keputusan, sekali mengambil keputusan pantang untuk ditarik lagi.

Saya ingin seperti presiden Susilo Bambang Yudhoyono

sbyYang saya kagumi dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah  kesantunan yang beliau miliki, sikap khas Indonesia yang sudah banyak hilang. Beliau seorang pemikir, setiap keputusannya dipikir secara matang sebelum dikemukakan ke publik. Banyak yang menganggapnya orang lamban dan peragu tapi dari kacamata saya melihat, beliau selalu berusaha memberikan keputusan yang adil dalam setiap keputusan yang beliau ambil. Jika saya jadi presiden saya ingin seperti beliau.

* * *

Inilah keinginanku!!! Jika saya jadi presiden Indonesia, saya ingin jadi seperti presiden-presiden Indonesia sebelumnya dengan segala kelebihan yang mereka miliki. Mengambil sisi positif dari mereka semua. Pada dasarnya menjadi presiden adalah sebuah PENGABDIAN. Mengutip kata John F Kennedy,  “jangan tanyakan apa yang negeri ini berikan padamu tapi tanyakan apa yang sudah kamu berikan pada negeri ini”, saya pun juga demikian. Saya jadi presiden hanya ingin berbakti bagi negeri ini, memberikan yang terbaik dari yang terbaik dari apa yang saya miliki buat Indonesia.

***

Tulisan ini diikutkan dalam Lomba Blog: Design and Article Writing Contest (DAWC) oleh komunitas blogger sinjai

Iklan

Responses

  1. mantap dinda.. doaku menyertaimu..!!!!

    Suka

    • thanks kak fajrul

      Suka

  2. Menarik. Lain dr yg lain.
    Visit balik ya langit-biru.my.id/?p=1945

    Suka

    • yoii brooo..

      Suka

  3. semoga terwujud gan 🙂

    Suka

    • amien..

      Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: