Oleh: akbarmangindara | 7 Agustus 2013

Moment Seru Menjelang Idul Fitri

cabut bulu ayam

Idul fitri adalah moment berkumpul bersama keluarga besar. Ini adalah tradisi muslim Indonesia yang tidak bisa ditinggalkan. Hukumnya fardhu a’in bagi warga muslim Indonesia.

Di keluarga sendiri juga wajib. Kakak-kakak dan saya sendiri pada pulang kampung. Kalau sudah lengkap begini, maka mama-lah yang paling bahagia, katanya. Kita semua juga bahagia bisa berkumpul semua.

Sehari menjelang Idul Fitri, sudah jadi kebiasaan di keluarga untuk turun tangan dan pada nimbrung di dapur untuk mempersiapkan sajian untuk di hari Fitrinya. Inilah moment seru yang selalu saya rindukan setiap tahunnya.

Yang pertama. Saya biasanya kebagian motong ayam sama bapak. Tapi tetap mulai dari nangkap ayamnya, dimandikan ayamnya, hingga megangin ayamnya sebelum digorok sama bapak saya yang lakukan. Pekerjaan ini sudah saya lakoni sudah bertahun-tahun lamanya kalau tidak salah ingat mulai kelas 2 SD silam sehabis saya di sunat. Ada kepercayaan yang entah dari mana datangnya kalau orang yang motong ayam harus orang yang sudah di sunat.

Setelah ayamnya sudah di potong semua, selanjutnya ayamnya di rendam ke dalam air mendidih sebentar. Ini agar memudahkan mencabut bulu-bulu ayamnya. Inilah moment seluruh keluarga turun tangan. Moment nyabutin bulu ayam. Meskipun kelihatannya remeh temeh, tapi ini tetap dirindukan. Hal sederhana yang mempersatukan keluarga.

Moment seru yang terakhir sebelum Idul Fitri adalah saling pamer dan nyobain baju baru yang mau dipake untuk keesokan harinya di hari idul fitri. Kalau sudah kayak gini, semuanya pada ngotot bahwa pakaian merekalah yang terbaik.

Ya, itulah moment-moment seru di keluarga saya sebelum Idul Fitri. Kalau kalian bagaimana?

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: