Oleh: akbarmangindara | 5 Agustus 2013

Baju Baru Berlebaran Itu Wajib

Man Shopping for Jeans

Sudah jadi sebuah tradisi bagi muslim Indonesia ketika berlebaran maka identik pula dengan baju baru lebaran. Rasanya kalau tidak pakai baju baru, belum lengkap perayaan lebarannya.

Saya salah satu pengikut tradisi wajib berbaju baru ketika lebaran tiba. Kelihatannya Childish tapi rasanya emang nyessek saja ketika melihat yang lainnya berbaju baru lebaran dan saya tidak. Makanya saya tidak cukup sepakat dengan salah satu lirik lagu yang selalu dinyanyikan ketika lebaran
“Baju baru alhamdulilah”
“Tuk dipakai di hari raya”
“Tak punya pun tak apa-apa”
“Masih ada baju yang lama”

Saya tidak sepakat dengan lirik “tak punya pun tak apa-apa”. Menurut saya hal itu mengajarkan kita berputus asa. Banyak yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan baju baru, apalagi sekarang banyak baju baru yang harganya terjangkau. Tinggal usaha halal kita bagaimana berusaha untuk mendapatkan uang untuk membeli baju baru.

Kelihatannya memang agak sedikit memaksakan diri. Tapi pelajaran yang didapatkan adalah untuk mendapatkan sesuatu harus melakukan usaha. Orang Indonesia itu manja dan suka mengeluh. Kalau menginginkan sesuatu, lebih banyak mengeluh ketimbang usahanya.

Perayaan lebaran idul fitri itu hanya sekali dalam setahun. Masa’ kita tidak bisa mengusahakan dalam kurung waktu 364 hari untuk mengadakan baju baru khusus di hari lebaran? Ya, mungkin sedikit sulit jika sudah mendekati lebaran baru diusahakan. Waktu-waktu lain sebelum ramadhan kan sebenarnya sudah bisa dipersiapkan.

Walaupun baju baru bukan ukuran ketakwaan kita kepada Allah SWT tapi menurut saya berpakaian terbaik ketika lebaran adalah hal yang wajib. Ya walaupun yang baik itu belum tentu harus baru tapi ini adalah idul fitri dan hanya sekali dalam setahun. Kita selalu berpakaian baik dan baru ketika ke Mall atau jalan-jalan, masa’ ketika menghadap Allah SWT dalam sholat Idul Fitri kita tidak melakukan yang demikian?

Jadi kalau buat saya Baju Baru Saat Berlebaran itu adalah hal yang wajib. Itu menurut saya, kalau kalian?

Iklan

Responses

  1. Sip, kata hadis juga baju paling baik itu ya pakaian iman dan taqwa. πŸ˜€

    Suka

    • Pakaian paling baik iman dan takwa, tambah baik jika pakaian yg dikenakan juga pakaian baik, saran pake baju baru.. πŸ˜€

      Suka

  2. Setuju sekali sama postingan mu yang satu ini broo..
    lagian kalo baju lama dipake lebaran kayak gimanaaa gitu..
    ke acara kawinan hebih baju baru melulu, masa lebaran sehari kagak beli baju..
    Nice post!
    -alstrojo-

    Suka

    • πŸ˜€ Makanya harus wajib. Hehehe

      Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: