Oleh: akbarmangindara | 19 Juli 2013

#KamiAntiMiras

CAM04151#KamiAntiMiras itulah tagline kampanye mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjauhi minuman keras. Sadar atau tidak, minuman keras telah banyak mempengaruhi sendi-sendi kehidupan. Kasus kecelakaan di jalanan, kasus kekerasan dalam rumah tangga, kasus pemerkosaan, kasus perkelahian antar kampung banyak terjadi setelah mengkonsumsi minuman keras.

Kampanye #KamiAntiMiras ini mulanya saya kenal lewat media sosial Twitter. Awalnya pun hanya iseng-iseng untuk mengikuti lomba twitpic yang diadakan oleh akun @AntiMiras_Id untuk gerakan #KamiAntiMiras. Tapi setelah flashback pengalaman masa lalu, saya jadi sadar bahwa miras telah banyak mempengaruhi lingkunganku. Saya punya pengalaman buruk dengan yang namanya miras terlebih karena salah seorang keluarga pernah jadi korban miras ini dan memberikan trauma psikologis di masa kecilku.

anti miras

Di lingkungan saya tinggal pun dulunya banyak kemudian orang yang suka minum minuman keras. Minuman itu terkenal dengan nama “Ballo”. Orang-orang meminumnya ditemani lantunan lagu-lagu disko yang diputar dengan keras sampai akhirnya pulang dengan tergopoh-gopoh ke rumahnya. Ini pemandangan yang saya lihat hampir setiap hari di masa kecil saya.

Pernah juga punya keinginan untuk mencoba Ballo itu tapi setelah mencium baunya, perasaan mual tiba-tiba muncul dalam diri saya. Entah ini adalah hal yang harus disyukuri atau tidak, yang saya tahu sekarang setelah kejadian itu saya tidak ingin dekat-dekat lagi dengan yang namanya Ballo atau Miras lagi.

Salam #KamiAntiMiras

Komentar

Kategori

