Oleh: akbarmangindara | 25 Juni 2013

Dicari Rumah Sakit Ber”Green Hospital”

Green Hospital adalah sebuah isu lingkungan yang baru beberapa tahun ini mulai gaung di Indonesia setelah munculnya isu-isu lingkungan terkait kritisnya kondisi bumi akibat pemanasan global. Di Negara-negara maju, konsep green hospital ini sudah banyak diterapkan. Hampir sama seperti konsep green lain yang terlebih dahulu populer seperti green living, green house dan green office, konsep green hospital muncul sebagai sebuah jawaban akan banyaknya rumah sakit yang tidak memiliki wawasan lingkungan yang disinyalir memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan sudah seharusnya memiliki wawasan lingkungan terkait green hospital karena ini akan berkaitan dengan kesehatan pasien itu sendiri. Paradigma tentang rumah sakit yang hanya memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan sudah harus ditambah dengan menjaga kesehatan masyarakat. Menjaga kesehatan masyarakat dalam hal ini tentu saja terkait dengan aktivitas rumah sakit dan dampaknya bagi kesehatan.

Pengalaman menjadi menjadi pasien di beberapa rumah sakit cukup memberikan saya gambaran akan kondisi rumah sakit saat ini khususnya di kota Makassar. Banyak keinginan saya terkait rumah sakit yang berkonsep green hospital.

Taman hijau

Salah satu keinginan saya dan juga mungkin keinginan banyak orang adalah adanya ruang terbuka hijau di sekitar rumah sakit. Bayangan akan rumah sakit dengan taman hijau, pohon-pohon yang rindang, bunga-bunga dengan aneka warna, rumput-rumput hijau yang semuanya secara kondisi memberikan efek kesejukan dan ketenangan.  Dari beberapa bacaan yang pernah saya baca, efek kesejukan dan ketenangan mampu menunjang proses penyembuhan.

Perlunya taman hijau saya pikir cukup penting. Pengalaman menjadi pasien di ruang perawatan selama berhari-hari cukup memberikan efek kejenuhan yang luar biasa. Taman hijau saya pikir dapat menjadi solusi menghilangkan kepenatan selama berada di ruang perawatan selama berhari-hari. Hal ini terinspirasi setelah menonton banyak film korea yang banyak mengambil latar di rumah sakit dimana interaksi antara dokter dengan pasien atau perawat dengan pasien tidak hanya terjadi di ruang perawatan (kecuali pasien-pasien yang kritis) tetapi juga di taman-taman hijau di area rumah sakit.

Taman hijau ini tidak perlu juga terlalu luas yang penting memberikan kondisi yang menyejukkan, menyenangkan dan menenangkan.

Gambar 1. Rumah Sakit dengan taman hijau

rose medical center

sumber: https://www.facebook.com/RockyMountainHospitalForChildren

Bangunan Ramah lingkungan

Saya bukanlah seorang arsitek yang bisa mendesain sebuah bangunan tapi menjadi sebuah keinginan saya akan adanya bangunan rumah sakit yang betul-betul ramah lingkungan. Bangunan rumah sakit sekarang ini cenderung monoton dengan model dan warna yang begitu-begitu saja. Dari beberapa penelitian seni dan warna tertentu mampu menimbulkan perasaan senang bagi orang yang melihatnya. Perasaan yang ditimbulkan tentunya akan bermanfaat bagi kesehatan. Jadi, bagaimanakah sebenarnya bangunan rumah sakit ramah lingkungan itu?

Tentu saja mendesain sebuah bangunan yang ramah lingkungan bukanlah hal yang mudah. Banyak aspek yang harus diperhatikan dan saya pikir ahlinya tentu lebih tahu. Tapi pada prinsipnya membangun sebuah rumah sakit yang green hospital mungkin sama dengan green building. Mungkin sudah saatnya desain bangunan memperhatikan efisiensi energy itu sendiri dan memanfaatkan potensi alam sebagai sumber energinya. Pencahayaan ruangan alami dan efisiensi penggunaan air juga harus diperhatikan. Beberapa rumah yang berkonsep green house menggunakan panel surya untuk memanfaatkan cahaya panas matahari. Ini mungkin juga bisa diadopsi oleh bangunan rumah sakit yang untuk menggunakan panel surya sebagai atapnya lalu kemudian menjadikannya sebagai tenaga listrik. Pengadaan alat itu mungkin cukup mahal sekarang ini, tetapi itu jauh lebih baik menurut saya karena sifatnya berkelanjutan dan tentunya sangat ramah lingkungan.

Gambar 2. Contoh desain rumah sakit dengan atap panel surya

Mobile-Hospital-concept-to-bring-solar-power-to-emergency-servicessumber: http://www.elektromedik.info/2011/11/design-mobile-rumah-sakit-go-green.html

Pengelolaan Limbah

Pengelolaan limbah rumah sakit saya pikir mutlak dilakukan oleh pengelola rumah sakit. Beberapa rumah sakit di kota Makassar yang saya lihat sudah menerapkan hal demikian terkait pengelolaan limbah dengan menempatkan tempat penampungan sampah di sudut-sudut rumah sakit berdasarkan jenis limbahnya. Tinggal yang perlu diperbaiki adalah budaya buang sampahnya yang terkadang salah penempatan. Masih ada saja oknum yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Mencampurkan sampah medis dengan non medis, yang terkontaminasi dan yang tidak terkontaminasi.

Pada prinsipnya pengelolaan limbah rumah sakit kembali lagi ke prinsip 3 R (Reuse, Recycle, recovery). Limbah-limbah padat medis yang tidak terkontaminasi yang bisa di daur ulang dan dimanfaatkan kembali ditempatkan terpisah dengan limbah medis lainnya. Limbah medis kimia dari laboratorium atau obat-obatan yang sudah kadulwarsa, limbah medis padat yang sudah terkontaminasi dengan darah seperti jarum suntik sekali pakai dan sarung tangan ditempatkan pada tempat terpisah lalu kemudian dimusnahkan. Dengan pengelolaan seperti ini tentu saja ini akan menghemat biaya operasional pemusnahan limbah medis dengan menggunakan alat incinerator dan mengurangi emisi yang dihasilkannya ke lingkungan.

Mendambakan sebuah rumah sakit di kota Makassar yang memiliki konsep green hospital sebenarnya bukanlah sebuah hal yang mustahil. Rumah sakit Daya sebagai salah satu rumah sakit di kota Makassar saya pikir sudah memulai langkahnya ber green hospital dengan meminta opini masyarakat tentang konsep green hospital dan menurut saya ini patut di apresiasi. Saya berharap kedepannya Rumah sakit daya bisa merealisasikannya dan menjadi rumah sakit yang ber green hospital. Semoga!!!

***

Iklan

Responses

  1. nice

    Suka

    • Thanks.. Salam kenal ya mas!!!

      Suka

  2. like this

    Suka

  3. wonderfull… kpn yh mks punya ginian???

    Suka

  4. Di Bandung adaaaa, Santosa Hospital namanya.

    Suka

    • Keren ya. Di Makassar blom ada..

      Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: