Oleh: akbarmangindara | 25 Mei 2013

Menikmati Pemandangan Ulu Saddang Bakaru Hingga Hangatnya Lemosusu (Part 1)

Hari itu Jumat, 17 Mei 2013. Perjalanan kami mulai dari kota Makassar tepatnya di kampus 1 UIN Alauddin pukul 21.00. Sebuah kenekatan menurut saya, karena kita akan melakukan perjalanan kurang lebih 6 jam perjalanan dengan mengendarai sepeda motor. Saya tidak sendiri, saya ditemani oleh beberapa teman, ada Afi, Alif, maman, udin, akmal, dan sukra.

Trip kali ini bertujuan untuk survey lokasi Bakti Sosial UKM KSR PMI UIN ALauddin yang akan di adakan di kabupaten Pinrang. Sambil menyelam minum air, sekalian mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sana.

Lebih pukul 03.00 dini hari kami tiba di kota Pinrang. Kami menginap di salah satu rumah keluarga udin. Kami menghempaskan segala lelah dan kepenatan di situ. Pada pagi harinya kami dijamu sarapan pagi oleh keluarga udin, karena kebetulan juga sementara ada acara aqiqahan.

Pukul 10.00 kami melanjutkan perjalanan tapi sebelumnya kami menemui salah seorang senior kami yang juga bermukim di sana. Namanya Radinal, dia mentraktir kami Es Kelapa Muda di sebuah taman samping sungai dan berbincang-bincang kurang lebih sejam sebelum kami melanjutkan perjalanan.Wattangsawito-20130518-02310

Lokasi yang akan kami tuju adalah kawasan PLTA Bakaru. Jarak dari jalan poros sulawesi ke lokasi berjarak sekitar 30 KM.

IMG-20130518-02311Ada sedikit insiden kecil dalam perjalanan ke lokasi yang akan di survey ini. Di tengah perjalanan saya kena cipratan tai sapi sehingga kami harus singgah terlebih dahulu di salah satu pancuran samping jalan untuk bersih-bersih cipratan tai sapi.

180520131470

IMG-20130518-02314Perjalanan ke lokasi survey penuh dengan tempat-tempat cantik, sehingga beberapa kali kami singgah hanya untuk sekedar mengabadikan diri di tempat itu.

IMG-20130518-02317Tiba di lokasi, kami menemui kepala desa dan menyatakan maksud dan rencana kegiatan kami nantinya. Syukurlah, ketika tiba di rumah kepala desa, hujan baru mengguyur kawasan ini. Dari rumah kepala desa kami menuju rumah kerabat Afi yang tinggalnya tak jauh dari rumah kepala desa.

IMG-20130518-02337

Setelah istirahat sebentar, sore hari setelah hujan selesai mengguyur tempat ini kami menuju salah satu tempat yang cukup indah tepatnya di kawasan PLTA Bakaru. PLTA Bakaru ini menggunakan sungai Ulu Saddang sebagai pembangkit listrik. Teman-teman mungkin pernah dengar sungai Saddang, sungai terpanjang di Sulawesi Selatan, nah di sinilah kepala sungainya berasal.

IMG-20130518-02356

Sore itu Kami menutup perjalanan sambil menikmati menikmati pemandangan matahari terbenam sebelum kembali ke rumah kerabat Afi, melepaskan lelah.

IMG-20130518-02376

Responses

1. Wahh,,seru banget ea survey plus jalan-jalan juga.. Apalagi tempat surveynya memiliki keindahan alam yg masih terjaga.. Tapi menurut aku prjalanan kakak ke daerah Bakaru belum tuntas kalau tdak mnyempatkan diri terus ke sebuah daerah yg tidak jauh dari lokasi surveynya,ea..nama daerahx Letta,skitar 2 Km dari Bakaru. Atau ke daerah lain yg namax Basseang.. kalau cari pemandangan buat refreshing,dijamin dech bkalan puas… 🙂

Suka

• Terima kasih.. Salam kenal ya..