Oleh: akbarmangindara | 22 Mei 2013

Cerita Ulu Juku’ (Kuliner Khas Makassar)

Nikmatnya Ulu Juku’ adalah nikmat Tuhan, maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kau ingkari. Bersyukurlah!!!

Ulu Juku’, makanan khas Makassar ini mulai jadi ikon kuliner kota Makassar. Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Makassar tanpa menikmati hidangan kepala ikan kakap yang satu ini. Tapi, tahukah anda kalau Ulu Juku’  juga punya ragam rasa dan jenis? Inilah sedikit cerita tentang ragam rasa dan jenis Ulu Juku’, yang saya coba tuliskan dengan singkat.

Anda pernah berkunjung ke Makassar tapi belum sempat menikmati Ulu Juku’ ? Ah, berarti anda belum menyempurnakan kunjungan ke ibukota propinsi Sulawesi Selatan ini. Ulu Juku’ adalah salah satu kuliner yang cukup terkenal dari kota Makassar selain kuliner lainnya macam coto Makassar, konro, sop saudara, pallubasa, pisang ijo atau ikan bakar dan sederet kuliner lainnya.

Ulu juku’ adalah bahasa makassar untuk kepala ikan. Kuliner ini baru beberapa tahun muncul dan kemudian bersaing dengan beberapa kuliner lainnya. Mungkin sejak banyaknya ikan kakap yang diekspor keluar negeri dan kepala ikannya ditinggal di makassar. Lalu orang dengan kreatifnya menciptakan kuliner ini. Bagi sebagian orang, kenikmatan kuliner kepala ikan lebih dari bagian ikan yang lainnya.

Kuliner dengan bahan dasar kepala ikan kakap merah dan putih ini tersedia dalam beberapa jenis masakan, seperti pallu mara, Pallu kaloa, sup kepala ikan dan gulai kepala ikan. Di beberapa warung, sup kepala ikan adalah masakan gulai, jadi harus dicek jangan sampai salah pengertian.

Perlu kita ketahui bahwa makanan ikan merupakan makanan yang sehat dan menyehatkan apalagi ini adalah ikan kakap yang memiliki kandungan Omega 3 yang cukup tinggi. Bahkan, makanan ikan mempunyai kandungan yang dapat meningkatkan kecerdasan. Kalau anak-anak Indonesia dapat menjadi juara umum dalam Olimpiade Sains Internasional, maka sudah barang tentu ada kaitannya dengan pola makanan anak-anak Indonesia yang banyak makan ikan. Hal ini didukung oleh kondisi geografis dan kekayaan alam Indonesia. Bahkan kita ketahui bahwa negeri tercinta ini adalah penghasil ikan terbesar di dunia.

ulu juku

Kenapa Kepalanya, Bukan Badannya?

Ya, karena badannya yang tidak kurang rasa lezatnya, telah menjadi bahan ekspor yang nilainya sangat tinggi. Syukur, kita masih dapat memakan kepalanya, karena kepala ikan tidak kalah lezatnya dibanding dengan badannya.

Perlu kita ketahui bahwa makanan dari ikan merupakan makanan yang sehat dan menyehatkan, karena memiliki kandungan OMEGA 3 yang tinggi. Bahkan, makanan ikan mempunyai kandungan yang dapat meningkatkan kecerdasan. Kalau anak-anak Indonesia dapat menjadi juara umum dalam Olimpiade Sains Internasional, maka sudah barang tentu ada kaitannya dengan pola makanan anak-anak Indonesia yang banyak makan ikan. Hal ini didukung oleh kondisi geografis dan kekayaan alam Indonesia. Bahkan kita ketahui bahwa negeri tercinta ini adalah penghasil ikan terbesar di dunia.

Berikut jenis-jenis kuliner Ulu Juku’

Pallumara adalah masakan ikan berkuah kuning bening. Bumbu utama racikannya adalah kunyit dan asam. asam bisa juga diganti belimbing atau mangga yang diawetkan. Rasanya seperti sup dengan rasa asam yang kuat. Masakan pallumara adalah masakan yang paling umum dijumpai di rumah warga bugis makassar. Orang Bugis-Makassar hampir setiap hari makan ikan dengan masakan pallumara.

Pallu kaloa adalah masakan ikan berkuah agak kecoklatan. Bumbu utama racikannya adalah rempah yang disebut kaloa. Kaloa sepertinya cuma populer di bugis makassar. Kaloa membuat masakan menjadi lebih gurih. Selain untuk bumbu kuah, kaloa biasa juga digunakan sebagai bumbu untuk lombok. Beberapa warung coto menggunakan kaloa sebagai bumbu racikan lombok.

Masakan Gulai dan sup adalah gulai dan sup sebagaimana biasa. Kuah sup disajikan panas-panas akan terasa segar dengan sentuhan rasa asam. Apa lagi jika racikannya pedas-pedas, keringat bisa bercucuran. Bagi yang Flu bisa langsung sembuh. Masakan Gulai layaknya gulai kambing atau gulai kepala ikan masakan padang, bedanya masakan padang biasanya lebih kental santannya.

Kuliner Ulu Juku’ ini anda bisa dapatkan dibeberapa tempat di Makassar, ada di jl. Pettarani, jl. abdullah dg sirua , jl. alauddin dan beberapa tempat yang lain. Kita bisa menikmatinya dengan Harga sekitar 20 rb sampai 30 rb per porsinya. Porsinya porsi makassar, jika dihabiskan bisa sulit berdiri karena kekenyangan.

Tak terasa perut saya mulai keroncongan menuliskan postingan ini. Nah, kalau memang anda berkunjung ke Makassar sempatkanlah menyambangi salah satu warung Ulu Juku’.

Jadi ? kapan makan Ulu Juku’?

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: