Oleh: akbarmangindara | 2 Mei 2013

Ketika Skripsi Hanya Menjadi Sebuah Formalitas

Menjelang masa akhir dalam penyelesaian studi S1, mahasiswa diperhadapkan untuk membuat sebuah karya penelitian yang sering kita dengar dengan nama “Skripsi”.

Penelitian sejatinya adalah sebuah proses membuktikan teori dan menemukan hal-hal yang baru dalam ilmu pengetahuan. Skripsi pun demikian, meskipun terkadang ada yang beranggapan bahwa skripsi hanya untuk belajar meneliti tapi tetap harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh. Skripsi merupakan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan yakni penelitian.

Saya melihat, apa yang terjadi sekarang di perguruan tinggi di Indonesia khususnya di kampus saya sendiri, skripsi hanya dijadikan sebuah formalitas belaka. Yang paling menyedihkan, mengerikan adalah rusaknya nilai-nilai akademik karena seringnya terjadi budaya “Copy Paste” di kalangan mahasiswa. Tidak begitu banyak hal yang baru dan tidak ada yang cukup menarik dari skripsi teman-teman.

Ketika Skripsi Hanya Menjadi Sebuah Formalitas belaka maka kita sudah bisa menebak seperti apa Negeri ini ke depannya. Faktanya menurut saya Negara maju adalah negara yang mengedepankan penelitian. Tidak ada satupun negara maju yang tidak begitu bersemangat memajukan penelitian. Kita bisa berkaca negara-negara maju di Eropa, Jepang, Amerika, semuanya mengedepankan penelitian bukan hanya sebagai formalitas belaka.

Intinya adalah kita masih perlu banyak belajar. Melakukan penelitian itu adalah hal yang sangat menyenangkan. Kita bisa lebih intim dan bercumbu mesra dengan ilmu pengetahuan. Sayang sekali jika mahasiswa hanya menganggap karya penelitian dalam hal ini skripsi hanyalah sebuah formalitas belaka!!!

Hari ini tepat 2 mei yang diperingati sebagai hari pendidikan nasional harusnya menjadi sebuah renungan bagaimana kondisi pendidikan kita sekarang ini, apakah semakin baik atau malah mengalami kemunduran? Masalah-masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan harus segera dicari jalan keluar yang terbaik. Harapan saya semoga ke depannya pendidikan di negeri ini bisa berkembang ke arah yang lebih baik lagi terutama budaya meneliti.

Iklan

Responses

  1. Iya cuma sekedar formalitas aja, cuma mengejar “yang penting lulus dan segera wisuda” -___-

    Suka

    • Fasyaulia : itu penyakitnya mahasiswa skrg. Hehehe. sudah nyusun skripsi juga atau sudah selesai skripsinya???

      Suka

      • Soalnya kadang manfaatnya ga jangka panjang sih huhuhu jadi bingung -__-
        Belum Bar, masih semester 6 jadi bergelut sama skripsi nya insya Allah tahun depan.

        Suka

        • Oowww.. Keep fight 😀

          Suka

  2. Sepekatttt!!!
    100% plus 4 jempolll,…:-)

    Suka

    • sepatu (Sepakat dan setuju).. hehehe

      Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: