Oleh: akbarmangindara | 1 Mei 2013

Hapuskan Korupsi, Kolusi dan Skripsi

Mengalami saat-saat terakhir di penyelesaian studi S1 sepertinya susah-susah banyak. Sepertinya benar kata senior-seniorku terdahulu, gampang untuk masuk Universitas tapi keluarnya agak susah. Mungkin itulah yang saya alami sekarang.

Kawan, sudah tiga bulan lamanya saya melakukan konsultasi penelitian untuk penyelesaian S1. Di tiga bulan itu, saya cuma berputar-putar seputar judul penelitian. Bukan tidak di ACC judulnya cuma ada kendala penelitian yang tidak memungkinkan saya melaksanakan penelitian itu. Mulai dari kendala sampel penelitian, referensi yang tidak ada sampai yang terakhir masalah pendanaan. Gila aja menurut saya kalau harus menghabiskan 10 juta hanya untuk pemeriksaan laboratorium pada sampel yang saya akan teliti. Penelitiannya sebenarnya sangat berbobot tapi kemampuan ekonomi saya yang pas-pasan sepertinya mustahil untuk saya kerjakan. Syukur kalau ada yang mau bantu, sayangnya belum ada.

Seperti judul tulisan saya “hapuskan korupsi kolusi dan skripsi”, itu sempat terlintas di pikiran saya. Kenapa sih mesti ada skripsi di penyelesaian studi? Kenapa tidak langsung lulus saja gitu setelah menjalani kuliah kurang lebih 4 tahun lamanya. Sejak kapan aturan ini ditetapkan, kalau mau selesai di perguruan tinggi mesti bikin skripsi. Toh bukan skripsi yang buat kita kerja.

Berbagai pertanyaan ngawur yang tak bisa saya jawab bertubi-tubi bermunculan dan hingga hari ini meski terkadang semangat berfluktuatif, saya kembali menghadap ke pembimbing untuk berkonsultasi dan menggerakkan jari-jemari mengetik menyelesaikan proposal penelitian. Keep Calm dan Kerjain Skripsi.

Iklan

Responses

  1. sek sek , kok skripsi belakangnya 😀

    Suka

    • Hehehe. #GalauuSkripsi nihhh ceritanya!

      Suka

  2. wah sama sob saya juga lagi nulis skripsi tapi sejauh ini masih aman semoga lancar sampe akhir…

    Suka

    • Amien.. 😀

      Suka

  3. kata2 yg bagus.. juga untuk saya “Keep Calm dan Kerjain Skripsi” .. juga dgn judulnya hehe

    Suka

    • Hehehe 😀

      Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: