Oleh: akbarmangindara | 14 Januari 2013

Seputar “Batuk”

Batuk merupakan gejala yang sering ditemukan pada penyakit pernafasan, penyakit saluran pernafasan atas, dan penyakit saluran pencernaan.

Pada pemeriksaan batuk, pertanyaan utamanya adalah (1) Apakah batuk berasal dari saluran pernafasan? (2) Apakah batuk merupakan suatu kelainan, atau merupakan manifestasi masalah yang serius (3) Langkah tepat apakah yang sesuai untuk mendapat diagnosis?

Batuk merupakan gejala yang tidak spesifik yang sedikit memberi petunjuk pada dokter. Ketika batuk merupakan satu gejala yang ditemukan, perjalanan penyakit dapat juga dipantau sebagai satu indikator keberhasilan/kegagalan pengobatan ketika pasien diobati.batuk

Patofisiologi:

Saluran pernafasan mempunyai beberapa alat untuk mengekspresikan ketidaksenangannya atau iritasinya. Saluran pernafasan dan parenkim paru mempunyai beberapa reseptor, tetapi batuk merupakan respon utama paru terhadap rangsangan bahaya. Reseptor iritan di seluruh saluran pernafasan dapat memicu batuk sebagai suatu usaha untuk membersihkan materi-materi berbahaya. Hanya iritasi struktur dengan persarafan vagus dapat mempresipitasi batuk involunter. Struktur-struktur ini meliputi laring, cabang trakeobronkus, orofaring posterior, dan telinga tengah. Setiap proses yang mengganggu struktur-struktur ini dapat menyebabkan batuk. Batuk ACE disebabkan oleh kepekaan reseptor iritan karena akumulasi prostaglandin dan bradikinin. Penyakit paru interstisialis menimbulkan batuk dengan merangsang saluran pernafasan terkecil lebih baik dari pada alveolus. Batuk volunteer (membersihkan tenggorokan atau batuk yang lebih dalam) juga mungkin. Mekanisme batuk adalah ekspirasi paksa terhadap glotis yang tertutup tiba-tiba terbuka dan memungkinkan kecepatan aliran udara sangat tinggi melalui saluran pernafasan, dan agaknya membawa bahan-bahan berbahaya di dalamnya (Murray and Nadel, 2005;1:831)

Iklan

Responses

  1. Akbar, ada sunshine award buat kamu. Cek yaa -> http://fasyaulia.wordpress.com/2013/01/15/sunshine-award/ 🙂

    Suka

    • okey.. thanks

      Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: