Oleh: akbarmangindara | 11 Januari 2013

Semangat Mencapai Puncak Tondong Tallasa, Pangkep

Tondong tallasa'

Tondong tallasa’

Ini adalah pengalaman tahun kemarin, Maret 2012. Tondong Tallasa adalah sebuah daerah di ujung timur Kabupaten pangkep. jika dari kota Pangkep kita melewati jalan yang menuju ke perusahaan semen terbesar di Sul-Sel, PT Semen Tonasa.

Waktu itu bersama dengan teman-teman relawan PMI melakukan kegiatan di sana. Sebelum kegiatan survey lokasi menjadi hal yang wajib dilakukan dan saya menjadi salah satu tim survey untuk di lokasi itu.

Untuk mencapai lokasi ini, menempuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dari kota Pangkep. Pun dengan kondisi beberapa jalan yang masih rusak. Malam itu kami langsung menuju rumah kepala kelurahan untuk meminta izin untuk melakukan survey lokasi. Karena malam yang semakin larut, waktu itu kami tiba di tempat ini sekitar jam 10 malam dengan ditemani hujan gerimis sepanjang perjalanan. Saya dan teman-teman yang melakukan survey lokasi diizinkan menginap di villa pak Lurah yang berjarak tepat di samping kantor kelurahan. Sebenarnya saya dan teman-teman sudah siap untuk ber Outdoor ria dengan tenda yang sudah kami bawa sebelumnya dari Makassar. Akhirnya dengan kerelaan hati, kami menerima niat baik hati pak lurah. #hehehe

Pagi di tondong Tallasa merupakan pemandangan yang luar biasa. Dari depan villa kami menikmati pemandangan matahari terbit. Lokasi ini sungguh damai. Tidak ada polusi ataupun keributan. Suara aliran air dari sungai di depan villa serta kicauan suara burung sangat membuat kami nyaman di sini.

jam 09 pagi kami mulai melakukan survey lokasi. Menembus perkebunan, hutan dan sungai serta jalan berlumpur, licin dan berbatu menjadi tantangan kami selama melakukan survey lokasi. Untunglah waktu itu kondisi langit sangat bersahabat. Cerah biru dengan sedikit kapas awan sebagai pemanis.

Lokasi yang kami tempati ini adalah pertama kalinya ditempati berkegiatan oleh mahasiswa. Harap-harap cemas masih menghinggapi, khatir tersesat di lokasi ini. Di area ini begitu steril dengan semua signal untuk melakukan komunikasi. Jadi jangan terlalu berharap untuk bisa menelpon seseorang di sini. kami memberikan riben dengan seutas tali di beberapa pohon yang kami lewati supaya tidak tersesat.

Setelah berkeliling selama seharian penuh dan menemukan beberapa tempat untuk berkegiatan, kami kembali  ke villa dan langsung balik ke kota Makassar.

***

Pada waktunya, kami melakukan kegiatan selama lima hari empat malam di tempat ini. Begitu banyak pengorbanan dan butuh banyak perjuangan untuk melewati hari demi hari di tempat ini, menyatu dengan alam. Satu modal yang selalu kami jaga selama 5 hari  itu adalah semangat.

Kami belajar banyak hal di tempat ini. Belajar menghargai sebuah pengorbanan dan perjuangan.

Di hari terakhir, puncak Tondong Tallasa menjadi tempat sakral yang penuh arti. Di saban subuh hari di puncak Tondong tallasa, kami disuguhi pemandangan yang sungguh luar biasa. Keindahan alam dari puncak tondong serasa kita berada di negeri di atas awan. Inilah Indonesia dengan keindahan yang luar biasa.

Indonesia Memang Indah Kawan!!!

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: