Oleh: akbarmangindara | 8 Januari 2013

Menikmati Sejenak Keindahan Air Terjun Biroro

Air Terjun Biroro

Air Terjun Biroro

30 Desember 2012, pagi mendung di desa Biroro’ Kelurahan Bontolerung, Gowa Sulawesi Selatan. Meskipun mendung, hal itu tidak menyurutkan semangat saya dan beberapa teman untuk mengunjungi lokasi air terjun Biroro’ ini. Informasi tentang air terjun ini didapatkan dari salah seorang teman yang kebetulan jarak rumah dan lokasi air terjun yang berdekatan.

Air terjun Biroro ini terletak di desa Biroro kelurahan Bontolerung, Kecamatan Tinggi Moncong, kabupaten Gowa. Jaraknya sekitar 2 KM dari kota Malino. Jalan menuju ke daerah ini lumayan sulit karena akses jalan yang banyak tanjakan dan turunan serta kondisi jalan yang masih berlubang sehingga mesti hati-hati jika berkendara ke tempat ini.

Melewati jalan bambu

Melewati jalan bambu

Jarak air terjun dari akses jalan sekitar 200 meter. Kita mesti berjalan kaki untuk menuju lokasi air terjun. Dalam perjalanan itu kita akan disuguhi oleh hamparan persawahan yang luas yang bertingkat-tingkat. Panorama di tempat ini sungguh indah. Setelah itu kita akan menuruni jalan setapak yang berbatu-batu dan melewati jembatan bambu. Disekitar daerah ini tumbuh tinggi subur bambu-bambu dengan ukuran yang cukup besar.

aliran sungai air terjun biroro

Sesampainya di lokasi Air terjun Biroro, kita langsung dimanjakan dengan pemandangan air terjun Biroro. Air terjun ini masih terlihat begitu asri dengan hamparan batu disekitarnya. Suasana hijau masih terlihat jelas disekelilingnya. Belum ada pembangunan di area air terjun namun inilah yang membuat air terjun ini nampak begitu eksotik. Air terjun ini memang belum populer jika dibandingkan dengan air terjun Takappala yang letaknya tidak jauh dari lokasi ini juga.

IMG-20121230-00883

Air terjun Biroro ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Bagi para pendatang, diharapkan untuk tetap hati-hati jika ingin berenang di lokasi air terjun ini karena menurut informasi dari warga, bahwa tepat di bawah air terjun Biroro ini terdapat kolam yang dalamnya mencapai 8 meter.

Senang rasanya mengunjungi tempat ini. Dan bagi para petualang yang ingin menikmati air terjun alami dan jauh keramaian, air terjun Biroro sangat tepat untuk dijadikan pilihan.

Tulisan ini juga dimuat di : http://palingindonesia.com/eksotika-alami-air-terjun-biroro/

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: