Oleh: akbarmangindara | 4 Oktober 2012

Restrukturisasi Budaya Basahi Tangan Menjadi Budaya Cuci Tangan Pakai Sabun

Budaya Bugis Makassar sejak dahulu ketika akan makan adalah membasahi tangannya di dalam kobokan air. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap kesehatan dimana kita ketahui bahwa sakit adalah akumulasi dari kejadian-kejadian yang kontra terhadap kesehatan. Kegiatan membasahi tangan apalagi dalam satu kobokan air yang juga biasanya digunakan beramai-ramai sangat berpotensi menimbulkan penyakit. Kuman-kuman yang ada di tangan terakumulasi dalam satu kobokan air. Penyakit yang paling sering muncul dalam kebiasaan ini adalah diare. Dan perlu diketahui bahwa Diare adalah salah satu penyakit pembunuh 5000 balita lebih setiap tahunnya di seluruh dunia.

Cuci tangan pakai sabun mungkin terlihat sederhana dan dianggap remeh bagi sebagian masyarakat. Tapi anggapan ini keliru. Meskipun terlihat sederhana tapi kegiatan ini memiliki dampak yang besar bagi kesehatan diri pribadi.

Seiring makin pesatnya ilmu pengetahuan yang dibarengi dengan makin gencarnya penelitian-penelitian, ditemukan fakta bahwa hampir sebagian besar penyakit yang masuk ke tubuh kita adalah akibat dari adanya bakteri jahat yang bersarang di dalam tubuh yang uniknya hal itu dikarenakan oleh tangan kita sendiri. Dengan kata lain, kita sendirilah yang mengizinkan bakteri dan kuman itu masuk.

Sebagaimana diketahui bahwa organ tubuh yang juga merupakan alat pengindara terluas yang ada pada tubuh manusia adalah kulit. Karena hampir mencakup seluruh tubuh kita. Kulit merupakan benteng pertama pertahanan tubuh manusia. Dan selayaknya sebuah benteng, maka setiap saat benteng pertahanan itu akan selalu diserang oleh musuh. Dan musuh dari tubuh kita antara lain adalah kuman, bakteri, polutan, dan radikal bebas yang banyak berseliweran di udara sekitar kita. Musuh- musuh itu dapat masuk setidak-setidaknya melalui beberapa cara. ada yang masuk melalui celah-celah mikro di kulit kita yang biasa disebut pori-pori, ada yang melalui hidung alias pernafasan kita dan yang paling unik adalah ketika bakteri dan kuman itu masuk ke dalam tubuh melalui tangan kita sendiri.

Mungkin sudah saatnya budaya – budaya yang kontra kesehatan yang ada di masyarakat direstrukturisasi karena melihat dampak yang jauh lebih baik ketika hal demikian diubah. oleh karena hal itu sudahkan anda mencuci tangan pakai sabun hari ini?

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: