Oleh: akbarmangindara | 21 September 2012

K3 Diabaikan, Korban Berjatuhan

19-20 September 2012

Dua hari yang lalu dengan secara tidak sengaja memperhatikan para pekerja yang sedang membongkar gedung-gedung yang ada di kampus 1 UIN Alauddin. Ada yang mengganggu hati saya melihat para pekerja itu. Para pekerja tidak ada yang memakai masker guna melindungi pernafasan mereka dari asap debu bangunan yang dibongkar. Saya kemudian mendekati para pekerja itu dan menanyakan hal tersebut.

“Pak, kenapa tidak pakai Masker? di sinikan banyak debu bangunan saat dibongkar” tanya saya sambil motret keadaan sekitar dengan menggunakan kamera handphone BB saya dengan kualitas 2 MP.

“Tidak ada dari BOS” jawabnya sembari membopong beberapa palu beton di pundaknya

Saat itu sore hari dan pekerja mulai pulang ke tempat penginapan mereka yang berada di belakang gedung. keesokannya saya kembali memperhatikan pekerja itu dari poliknik kampus dan tidak ada yang memakai masker di tengah kepulan asap debu bangunan pada saat dibongkar.

Di tempat itu setelah pembongkaran beberapa gedung-gedung, nantinya akan dibangun rumah sakit pendidikan sekaligus fakultas kedokteran UIN Alauddin. Dalam pikirku saya bilang seperti ini “bisa-bisa pekerja itu nanti menjadi pasien pertama dari rumah sakit pendidikan ketika pengerjaannya selesai”.

Mungkin bagi para pekerja belum merasakan dampaknya, tapi ke depan akan muncul setelah akumulasi dari banyaknya debu-debu bangunan yang menumpuk di paru-paru mereka. Dampak paling buruk yang bisa dialami adalah kanker paru-paru hingga kematian.

Jadi kalau sudah seperti ini, siapa yang bertanggung jawab?

Iklan

Responses

  1. Miris sangat..

    Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: