Oleh: akbarmangindara | 7 September 2012

Sayur santan Daun Kelor Yang Begitu Menggugah Selera

Bagiku, selain makanan sebagai penggajal perut makanan juga menjadi sebuah alternatif untuk mengobati kerinduan terhadap orang yang dikasihi. Saya sendiri adalah seorang perantau, pencari ilmu yang namanya waktu “Pulang kampung” sangat minim walaupun sebenarnya jarak rumah di kampung dengan kota makassar sangat dekat yang bisa ditempuh dengan waktu kurang dari 2 jam.

Postingan kali ini saya mau share tentang salah satu makanan khas dari daerah butta turatea Jeneponto yakni “sayur santan daun kelor kacang hijau”. Sayur santan daun kelor kacang hijau adalah salah satu makanan kegemaranku. Aktor dibalik aku menggemari makanan ini adalah ibuku. Ibuku adalah koki terhebat yang membuatnya. Ketika pulang kampung ke Jeneponto di rumah orang tua pasti carinya sayur santan daun kelor kacang hijau. Ini adalah salah satu makanan khas yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Jeneponto. Tumbuhan kelor tumbuh subur di Jeneponto, banyak orang yang menanamnya di sekitar pagar rumah.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba membuatnya di rumah sangat gampang yakni menyediakan bahan tentu saja daun kelor yang sudah dipetik-petik, Santan 1 gelas, 2 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, kacang Hijau Secukupnya, dan garam secukupnya.

Cara pembuatannya cukup mudah yakni kacang hijau direbus terlebih dahulu hingga lunak, kemudian masukkan daun kelor yang sudah dipetik-petik. Aduk sebentar lalu masukkan lagi irisan bawang merah, bawang putih, dan santan. Tambahkan garam secukupnya untuk memperkaya rasanya. Setelah masak sayur santan daun kelor siap dihidangkan. Paling enak jika dihidangkan bersama nasi, ikan goreng/ikan bakar dan tempe goreng. Selamat mencoba.

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: