Oleh: akbarmangindara | 29 Agustus 2012

Puasa Syawal Is My Life Style

Sebagai seorang muslim penting untuk menjalankan suatu ritual ibadah seperti sholat dan puasa. Tapi akankah lebih baik lagi jika kita mengetahui dampak dari segi kesehatan yang ditimbulkannya.

Alhamdulilah selasa kemarin akhirnya selesai menjalankan puasa syawal selama 6 hari berturut-turut. Walaupun ini bukanlah ibadah wajib tapi alangkah baiknya kalau ibadah ini juga ditunaikan.

Berpuasa syawal selama 6 hari memiliki banyak manfaat. Sebagai seorang muslim yang sebelumnya menjalankan puasa selama sebulan lamanya, puasa syawal ini menjadi sebuah transisi untuk mengembalikan kondisi pencernaan kita yang pada saat ramadhan melambat.

Begitu masuk hari raya, pola makan kembali normal karena puasa wajib sudah selesai. Agar perut tidak mengalami suatu kekagetan pencernaan, maka sistem pencernaan membutuhkan masa transisi yang biasanya memakan waktu antara 3 hari hingga 1 minggu.

Saya sendiri melakukan puasa syawal tiga hari sesudah hari raya idul fitri. Pada saat hari raya dan tiga hari sesudahnya, saya seperti orang kerasukan yang bisa makan sampai sepuluh kali dalam sehari dengan jenis, bentuk makanan dan minuman yang berbeda-beda. Ini juga dikarenakan pada saat silaturahmi ke rumah-rumah, ada perasaan tidak mengenakkan jika tidak mencicipi hidangan yang disediakan maka alhasil apapun yang dihidangkan, semuanya dicoba.

Dengan berpuasa syawal selama 6 hari sangat menyehatkan karena bisa memperbaiki kondisi pencernaan yang sewaktu hari raya bekerja dengan sangat keras. Ayo berpuasa.

Iklan

Responses

  1. sebaiknya sih brturut_turut..

    Suka

  2. Ga harus berturut-turut kan ya bar? Selama bulan syawal pokonya puasa 6x kan?

    Suka


Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: