Oleh: akbarmangindara | 3 Agustus 2012

Hanya Seorang Yang Memiliki Semangat Juang : Because It’s Me

@orangbijak pernah menuliskan “Janganlah mudah menyerah jika anda gagal dalam suatu hal. Karena kegagalan merupakan awal suatu kesuksesan”

Saya mungkin adalah salah satu dari ribuan orang di seluruh dunia yang sering mengalami kegagalan lalu bangkit lagi. Saya selalu gagal dalam setiap hal yang saya lakukan selama ini. Beberapa kali saya menjadi pemimpin yang gagal. Gagal memimpin teman-teman, gagal merealisasikan apa yang pernah saya ucapkan.

Mungkin benar kata teman, saya adalah orang yang memiliki banyak rencana tapi tak kuat bekerja dan tak bisa mengatur pekerjaan dengan baik. Saya adalah orang yang punya banyak mimpi dan kemauan tapi tak punya banyak energi untuk mewujudkannya. Saya hanya bermodal semangat dan itu yang menguatkanku sampai hari ini.

Secara fisik saya adalah orang yang sangat lemah. Saya memiliki penyakit paru-paru yang selalu membuat imunitas tubuhku menurun. Saya cukup keras kepala dengan banyak melakukan aktivitas di luar kemampuan fisikku seperti mendaki gunung. Alhasil beberapa kali lalu lalang di rumah sakit sebagai pasien.

Gambar 1. Pendakian Di Lembah Ramma, Gowa

Gambar 2. Pendakian di Puncak Tondong Tallasa, Pangkep

Saya sangat menyukai petualangan. Di kampus saya bergabung dengan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia. Saya paling tidak senang jika orang menganggapku lemah karena keadaan fisikku. Sekarang saya dipercaya memegang amanah sebagai kepala divisi pendidikan dan latihan. Bergelut 2 tahun di Palang Merah Indonesia, saya dipercaya menjadi fasilitator pertolongan pertama di kota Makassar. Aktivitasku mengajarkan pertolongan pertama di adik-adik siswa sekolah di kota Makassar.

Sambil mengajarkan pertolongan pertama di adik-adik siswa, saya juga menyelipkan materi mengkampanyekan “Gerakan Anak Indonesia Berbahasa Sopan dan Santun”. Banyak tawuran atau perkelahian yang terjadi antar siswa karena seringnya menggunakan kata-kata kasar dan tidak sopan dalam keseharian. Kampanye ini saya pikir sangat penting, untuk mengembalikan budaya ramah berbahasa di bangsa kita yang akhir-akhir ini mulai hilang.

Gambar 3. Pelatihan PMR Madya SMP Islamiah Bontoala Makassar

Selain mendaki gunung, saya juga membentuk sebuah komunitas film. Film perdana yang saya buat bersama teman-teman adalah film pendek berdurasi lima belas menit berjudul “Kamera Untuk Baso” bercerita seputar kehidupan Baso yang seorang anak jalanan yang punya mimpi untuk menjadi seorang fotografer yang profesional. Walaupun baru satu film yang diproduksi, saya dan teman-teman yakin komunitas film ini akan berkembang dan menghasilkan karya-karya spektakuler.

Gambar 4. Eiga Community, Komunitas Film mahasiswa

Mengutip kata-kata Pramoedia Ananta “menulis adalah pekerjaan keabadian” Baru-baru ini saya juga membentuk sebuah Lembaga di kampus yakni Lembaga Penelitian dan Penalaran Mahasiswa. Agenda-agenda penelitian taraf mahasiswa sudah menanti ke depan. Lewat penelitian dan penulisan, mahasiswa bisa menyampaikan segala permasalahan bangsa serta solusi yang terbaik atas permasalahan itu.

Ya, Inilah diriku sekarang dengan segala aktivitasku, kelebihan dan kekuranganku. Selama hidup dengan berbagai problematika, saya meyakini kata-kata super dari A’a Gym “Hadapi Hayati dan Nikmati”. Makanya sampai hari ini saya masih bisa bertahan dengan segala aktivitas dan problematikaku. Semua akan tercapai, fokuskan pada kata “BISA. Saya mencoba menikmati setiap proses yang berlangsung di dalam hidupku. “ya, Because it’s me.

Responses

  1. bermodal semangat, saya rasa itu bahan bakar sesungguhnya..:)

    Suka

    • may be..

      Suka

  2. Tulisanx keren.. Salut..

    Suka

    • Terima kasih..

      Suka

  3. Terus berjuang..

    Suka

    • okey.. terus berjuang hingga akhir..

      Suka

  4. “saya adalah orang yang memiliki banyak rencana tapi tak kuat bekerja dan tak bisa mengatur pekerjaan dengan baik. Saya adalah orang yang punya banyak mimpi dan kemauan tapi tak punya banyak energi untuk mewujudkannya”.. Semua orang banyak yg seperti ini kok.. saya juga demikian..

    Suka

    • wah senasib, mungkin banyak yg ngalamin ya!!!

      Suka

  5. Tetap semangat… Inspiratif..

    Suka

    • Terima kasih.. Tetap semangat juga..

      Suka


Komentar

Kategori

