Oleh: akbarmangindara | 13 Mei 2012

Waspadai Bulu Mata Berketombe (Blefaritis)

Ketombe di rambut mungkin sudah biasa di dengar, tapi bagaimana jika ketombenya berada di bulu mata? nah lho. Banyak yang mengalami penyakit ini. Dalam dunia medis dikenal dengan nama Blefaritis.

Blefaritis adalah radang pada kelopak mata dan / atau pada tepi kelopak mata. Penyebabnya infeksi dan alergi. Blefaritis adalah Peradangan kronik batas kelopak mata yang paling umum terjadi oleh seborea dan staphilokokus, atau keduanya. Bersifat remisi dan eksaserbasi. Dalam peristiwa ini terjadi pelepasan lapisan tanduk yang mengakibatkan gangguan folikel rambut, destruksi folikel rambut keduanya mengakibatkan efek pada bulu mata dan terjadi trikiasis.

Manifestasi Klinis :

Kelopak mata merah, bengkak, sakit, gatal, eksudat lengket bergantungan pada bulu mata, dan epifora. Sering disertai kongjuntivitis, keratitis, hordeolum, dan kalazion. Pada laki – laki lanjut usia biasanya terjadi blefaritis seboroik dengan keluhan mata kotor, panas, eksudat berminyak, dan rasa kelilipan.

Penanganan:

  • Bersihkan dengan garam fisiologis hangat kemudian diberikan antibiotik yang sesuai. Pada blefaritis sering diperlukan kompres hangat. Pada infeksi ringan, diberi antibiotik lokal sekali sehari pada kelopak dan kompres basah dengan asam borat. Bila terjadi blefaritis menahun, maka dilakukan penekanan manual kelenjar meibom untuk mengeluarkan nanah.
  • Pada blefaritis seboroik, kelopak harus dibersihkan dengan kapas lidi hangat, soda bikarbonat, atau nitras argenti 1 %. Dapat digunakan salep sulfonamid untuk aksi keratolitiknya. Kompres hangat selama 5 – 10 menit, tekan kelenjar meibom dan bersihkan dengan shampo bayi. Diberikan juga anti biotik lokal, Prednisolon 0,125 % 2 kali sehari, da antibiotik sistemik, tetrasiklin 2 x 250 mg/ eritromisin 3 x 250 mg atau sesuai dengan hasil kultur.
  • Pengobatan pada infeksi virus bersifat simtomatik, antibiotik diberikan bila terdapat infeksi sekunder.
Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: