Oleh: akbarmangindara | 30 April 2012

Pertolongan Pertama Pada Orang Sesak Nafas

mengatasi-sesak-nafas

Di Palang Merah Indonesia Kota Makassar, saya memiliki spesialisasi di bidang pertolongan pertama. Sekarang naik satingkat sebagai pelatih pertolongan pertama di PMI. Banyak kejadian yang tak terduga terjadi di sekeliling kita sehingga ilmu pertolongan pertama menjadi penting terlebih bagi orang yang awam. Sekarang saya mau share tentang pertolongan pertama pada orang sesak nafas yang sering kita temui di lapangan.

Bagi penderita yang mempunyai penyakit keturunan asma pasti akan sangat menganggu terlebih apabila penyakit tersebut tiba tiba muncul dan tak terduga. Sangat Penting dilakukannya pertolongan pertama ataupun pencegahan untuk mengurangi intensitas sesak napas tersebut agar tidak semakin parah.

Pertolongan Pertama

Adapun pertolongan pertama yang dapat dilakukan kepada penderita asma atau sesak nafas adalah sebagai berikut:

1. Pada saat Anda menemui orang yang terkena serangan asma atau sesak nafas, hendaklah cari  tempat yang nyaman dan berikan minum segera. Sebaiknya beri minum air hangat. Akan membantu menghangatkan dada penderita dan membuat lebih enak bernafas.

2. Jangan mengerumuni penderitanya, cukup 2 sampai 3 orang yang melakukan pertolongan agar si penderita tidak bersaing dengan orang yang sehat dalam memperebutkan oksigen di sekitarnya.

3. Usahakan posisi penderita dalam keadaan setengah duduk atau duduk dengan pundak bersandar pada bantal atau tembok atau apa saja. Jangan sekali-kali diposisikan dalam posisi tidur karena akan makin mempersulit penderita untuk bernafas.

4. Penting juga untuk penolong agar tidak panik. Ajak juga penderita ngobrol, hal tersebut akan membantu kepulihan penderita dan juga mengurangi kepanikan penolong.

5. Penderita asma kambuh biasanya sudah membawa obat inhaler pereda asma sendiri, semprotkan ke dalam mulutnya secukupnya dengan terlebih dahulu dikocok sebelumnya. Jika tidak ada bawa ke luar ruangan untuk mencari udara segar secepatnya jika berada di dalam ruangan.

6. Bantu dan ajak si penderita untuk mengatur nafasnya dengan teknik tarik, tahan dan hembuskan nafas secara perlahan-lahan.

7. Pijat daerah refleksi paru-paru pada telapak kaki. Teknik pijatnya harus secara perlahan-lahan dengan menggunakan jempol tangan dengan gerakan memutar.

titik refleksiologi kAKI

8. Apabila usaha diatas telah dilakukan selama kurang lebih 30 menit, segeralah bawa penderita ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat.

Lihat video Penanganan sesak nafas di sini:

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: