Oleh: akbarmangindara | 10 Januari 2012

Kenapa Mesti Mendonorkan Darah?

Kemarin dapat sms dari teman-teman KSR PMI Makassar untuk membantu mencarikan pendonor dengan golongan darah AB. Isi SMS-nya seperti ini:

Salam kemanusiaan…
saudara kita “SUKMA” 10 tahun. menderita anemiaaplastik butuh darah AB trombosit 9 kantong segera. kepada kawan2 yang bisa donor atau mempunyai teman. mohon sms ke 085796143222 *

Dengan mendonorkan darah kita sudah membantu menyelamatkan nyawa orang lain. Itulah salah satu fungsi dari mendonorkan darah.

Darah merupakan bagian tubuh berbentuk cairan yang berperan penting dalam mempertahankan kehidupan. Tanpa darah manusia tidak akan hidup. Dalam tubuh manusia dewasa normal volume darah jika diibaratkan ditempatkan dalam sebuah gelas, ada sekitar 22 gelas.

Darah yang diambil ketika mendonor  hanya 1 gelas. Hal itu tidak akan membuat kita kekurangan darah ataupun lemas karena ketika mendonorkan darah tubuh akan bereaksi langsung dengan menghasilkan darah yang baru dan ini menyehatkan tubuh kita.

Saya sendiri mulai mendonorkan darah sejak 2010 lalu ketika bergabung dengan KSR PMI UIN Alauddin Makassar. Saya memiliki golongan darah AB.

Jika teman-teman berusia 17 tahun ke atas dan punya berat badan sekitar 50 kg, jangan ragu untuk membiasakan diri mendonorkan darah. Dengan mendonorkan darah kita sudah membantu sesama dan menyehatkan diri kita sendiri. Ayo bergabung menjadi Relawan Donor.

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: