Oleh: akbarmangindara | 6 April 2011

Seminar Tentang ODHA (Orang Dengan HIV AIDS)

Materi pertama yang dibahas tentang hak-hak ODHA. Sama seperti hak-hak manusia kebanyakan. ODHA juga berhak memiliki Hak hidup, pendidikan, menikah, dll. Cuma dalam masyarakat ODHA itu identik dengan penyakit memalukan. Saking memalukannya, ODHA sudah tidak berhak mendapatkan hak nya sebagai manusia. Gara-gara ini, resiko bunuh diri dengan ODHA juga cukup tinggi. 

Dalam dunia kesehatan  penyakit ini identik dengan penyakit mematikan. Katanya Kita akan mati jika terkena penyakit ini.  Kayak tong kalau tidak kena HIV AIDS tidak matiki. Padahal nantinya ujung-ujungnya kita akan mati semua.

Saya sebenarnya sangat miris (mencoba mendramatisir nih) melihat stigma negatif di masyarakat tentang ODHA itu masih sangat tinggi. Saya contohkan ketika saya bertanya dengan seseorang untuk sebuah perbandingan dan melihat stigmanya tentang ODHA. Anda lebih memilih mana, onde-onde buatan orang dengan HIV AIDS atau onde-onde buatan penderita TBC. Kebanyakan orang-orang lebih memilih onde-onde buatan penderita TBC. Nah ini jadi sebuah bahan pertimbangan bahwa stigma negatif di masyarakat tentang HIV AIDS sangat tinggi. Padahal kalau kita mau liat resiko penularannya, lebih berisiko penyakit TBC karena ditularkan lewat udara.


Intinya saya dapat ilmu baru lagi disini. Kita tidak perlu menghindari ODHA tapi yang kita hindari adalah penyakitnya.

Okey. Sekian dulu postingan dari saya. Makasih sudah membaca. Sekian dan Wassalam. 🙂 Senyum Dulu Kawan..

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: